Uncategorized

Mencari jejak Batagor di Makassar

Saya mengenal panganan ini sejak beberapa tahun yang lalu. Kala itu, di tahun 2003, Batagor menjadi salah satu makanan elite bersanding dengan es teler. Maklum saja, bagi kami anak SMA dengan uang saku pas-pasan, membeli makanan yang harganya setara dengan ongkos angkot pulang pergi sekolah, bisa menjadi mimpi buruk. Mau pulang jalan kaki dari Pettarani ke Cendrawasih?

Tapi sepertinya makanan ini tidak terlalu populer di Makassar. Dalam kurun waktu 7 tahun, hanya di beberapa tempat kita bisa menikmatinya. Mungkin alasan klasik adalah makanan ini serba nanggung. Ini sebenarnya apa? Bakso kok tidak pakai kuah, mana dicampur sambal kacang pula!

Padahal di daerah asalnya, Bandung, makanan ini menjadi salah satu ikon kuliner. Coba saja bertandang kesana, akan kalian temui penjual Batagor dengan mudahnya. Mulai dari kios-kios, sampai gerobak yang berada di emperan jalan. Dan rasanya? Enak!

Batagor

Batagor sendiri merupakan sebuah masakan yang diciptakan secara tidak sengaja. Pertengahan tahun 1980 an tersebutlah Isan, seorang penjual bakso keliling yang berjualan di jalan Kopo Bandung. Kala dagangannya tidak laku, dia bingung akan diapakan sisa baksonya.

Akhirnya dia mencoba untuk menggoreng bakso tersebut dan membagikannya kepada tetangga. Hasilnya? Ternyata semua orang tertarik dan Isan pun kemudian memberikan inovasi dengan memberikan rasa ikan yang lebih kuat. Dari sinilah perjalanan panjang Batagor dimulai, sampai bisa menjadi salah satu ikon kuliner di bandung.

Lantas, di Makassar dimana kita bisa menikmati penganan ini? Ada beberapa titik yang sempat tercatat dan teringat. Semuanya disusun berdasarkan list yang sepertinya sangat subjektif. Mulai dari yang biasa saja, sampai yang paling enak. Silahkan siapkan perut anda dan menuju ke titik-titik ini.

1. Batagor Pettarani
Rupanya kehadiran penjual es kelapa muda di sepanjang trotoar Pettarani membawa berkah tersendiri untuk penjual Batagor. Tepat di depan kantor Telkom, anda bisa menemukan satu-satunya penjual Batagor yang nyempil diantara penjual es kelapa muda. Hanya gerobak saja, dengan tulisan Batagor di depannya. Tidak ada keterangan lain. Seporsi Batagor ini bisa dinikmati dengan harga 8000 rupiah.

Sepertinya Batagor ini memiliki beberapa gerobak. Anda juga bisa menemukannya di Jalan Hertasning, didepan kantor PLN.

2. Batagor Foodcourt MTC
Diantara banyak jajanan di foodcourt MTC, Batagor hadir juga sebagai salah satu alternatif. Harganya berkisar 10.000 rupiah, sedikit lebih mahal. Dia menyajikan Batagor ini lengkap dengan sepotong telur, potongan kentang, serta Bakso dan Tahu Goreng.

3. Batagor Es Teler Oke
Kenapa namanya demikian? Inilah tempat traktiran favorit kami kala SMA dulu. Sepaket dengan Es Teler Oke di jalan pettarani. Tepatnya di depan Kampus Universitas Negeri Makassar. Anda bisa melihat dan menandai mobil boks dari Es Teler Oke ini. Seporsi Batagor lengkap dengan Kentang rebus, serta Bakso goreng yang gurih. Sambal kacangnya pun lumayan kental. Harga? Silahkan persiapkan 8000 rupiah di tangan anda.

4. Batagor Es Teler Depan Rotterdam
Maaf, saya lupa nama kiosnya, tapi Batagor ini bisa ditemukan sepaket bersama penjual es kelapa muda. Persis di pintu masuk masakan Sari Laut di belakang studio RRI. Seporsi batagor bisa didapatkan dengan 8000 rupiah. Apa yang menjadi poin menariknya sehingga Batagor ini yang terenak (versi saya?). kombinasi Bakso tahu dan gorengannya. Sangat gurih. Ditambah lagi saus kacang yang sangat kental, plus setengah biji telur. Mengenyangkan dibandingkan dengan batagor lain yang terasa “ringan”.

Sumber asal muasal batagor lihat disini.


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *