Uncategorized

John McGlynn ; mempromosikan Indonesia lewat Lontar

Makassar International Festival, ajang keren yang mempertemukan para penulis hebat dari Indonesia dan dari berbagai negara digelar sejak tanggal 13 hingga 17 Juni 2011. Dewi Suryaningsih,  seorang blogger dari Anging Mammiri berkesempatan untuk mengikuti sebuah sesi dalam rangkaian MIWF 2011. Berikut adalah catatannya.

===========================

Saya harus datang !

Ya..boleh di bilang ini panggilan jiwa, semangat untuk hadir di Graha Pena lt.4 tepat pukul 10:00 pagi. Masih rangkaian acara Makassar International Writers Festival 2011, kali ini sesi Launching Modern Library bersama John Mc Glynn. Sayang, yang hadir tidak terlalu banyak. Malah panitia acara ikut duduk di barisan peserta dan meramaikan suasana. Senyum dan Kefasihan berbahasa Indonesia dari Mr.John dalam mengucapkan salam menjadi penyapa diskusi pagi tadi.

Acara Lauching Modern Library dikemas dalam bentuk Talkshow ringan dengan menghadirkan John Mc Glynn, Lily Farid (penggagas MIWF 2011) dan Aan Mansyur sebagai moderator. Acara yang diadakan di Studio Radio Fajar ini melibatkan peserta yang hadir di Studio dan juga orang-orang dirumah yang mendengarkan di 89,9 FM Radio Fajar.

Kenapa saya begitu semangat ? akhirnya terjawab juga. Saya berkesempatan untuk bertemu dengan ‘orang hebat’ bernama John Mc Glynn yang berkebangsaan Amerika Serikat. Dia ‘hebat’ bukan karena dia berasal dari Amerika Serikat, melainkan karena visi yang dia usung bersama Yayasan Lontar.

Yayasan Lontar adalah penerbit yang menerjemahkan karya-karya sastra Indonesia ke dalam Bahasa Inggris dan John Mc Glynn menjadi sosok yang berperan dalam mempromosikan karya-karya sastra Indonesia (terjemahan) ke luar negeri. Perannya sudah dimulai sejak 24 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1987. Hingga saat ini tercatat sekitar 100 buku sastra Indonesia telah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Ada visi mulia yang dia usung yakni ingin mempromosikan Indonesia ke luar negeri sebagai negara yang produktif dalam menghasilkan karya-karya sastra yang berkualitas, bukan sebagai negara teroris ataupun negara yang jumlah koruptornya sangat tinggi.

Yah ! itu alasan saya menyebutnya sebagai ‘orang heba’t. Dia bukan orang Indonesia, tapi dia memiliki dedikasi tinggi untuk negara kita Tercinta.

Indonesia !

========================================================

Dewi Surnaningsih, memiliki blog pribadi yang dapat dilihat di : Biru Merah Cinta


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *