Pages Navigation Menu

Tempa' Kumpulna Blogger Makassar

Bedah Blogpost ; Daeng Macora

http://daengmacora.com

Beberapa waktu yang lalu, kebetulan saya ditunjuk mewakili Anging Mammiri untuk menjadi juri dalam sebuah lomba blog bekerjasama dengan Polantas Makassar. Kesempatan itu saya manfaatkan juga untuk menilai beberapa tulisan teman-teman yang ternyat di luar dugaan saya banyak yang bagus-bagus.

Beberapa di antaranya yang sangat berkesan adalah tulisan dari Vby. Saya menganggap dia sebagai Pendatang Baru Terbaik.

Kenapa pendatang baru ? soalnya Vby sendiri mengaku kalau ini adalah keikutsertaan perdananya di ajang lomba blog. Selain itu Vby sendiri seolah seperti terlahir kembali setelah lama hiatus dari dunia blogging.

Saya mulai ya, dan oh ya..saya membuat ulasan ini juga murni berdasarkan kemampuan saya yang juga belum seberapa, hanya sekadar ingin berbagi. Tentu saja saya menunggu masukan dari teman-teman yang lain. Syukur-syukur ada diskusi yang mungkin bisa kita ambil sisi positifnya sebagai bahan pembelajaran di dunia blogging.

Pertama soal judul.

Vby menggunakan judul : Sepeda Motor, Fasilitas yang Berlebihan Bagi Anak di Bawah Umur buat saya judulnya kurang nendang, masih terlalu kaku. Seandainya Vby mau kreatif sedikit mencari judul yang lebih menggoda maka pasti hasilnya akan lebih sempurna. Misalnya : Husnul dan Sepeda Motor Yang Mengacaukan Hidupnya. Errr..itu salah satu contoh karena saya sendiri memang selalu sulit memilih judul..hihihi

Kedua soal lead.

Dua paragraf pertama dari Vby masih kaku. Menurut saya terlalu berat karena di sana ada beberapa data-data statistik. Beruntung karena paragraf ketiganya menggoda sehingga pembaca (dalam hal ini saya) tidak buru-buru kabur. Menurut saya malah paragraf ketiga lebih bagus diangkat menjadi lead.

Ketiga soal gaya bahasa.

Menurut saya Vby sudah lancar bercerita. Ceritanya runut meski memang ada banyak elemen yang terasa berlebihan dalam satu paragraf. Tapi itu tentu saja bisa dimaafkan. Satu kekurangan lagi adalah kurang konsisten antara penggunaan Saya dengan Aku. Misalnya, Vby banyak menggunakan kata Saya dan kemudian menggunakan kata : telingaku, tanteku dll. Mungkin secara umum tidak ada masalah, tapi buat saya pribadi agak menganggu.

Keempat soal penutup

Saya suka dua paragraf penutupnya, dua paragraf terakhir adalah perenungan tentang nasib si sepupu dan paragraf paling akhir adalah kesimpulan secara keseluruhan. Menurut saya ini manis, betul-betul bisa menyimpulkan isi artikel.

Intinya, Vby punya bakat. Dia sudah bisa membuat sebuah cerita yang mengalir dan tidak membosankan. Kalau dia mau banyak-banyak membaca dan berlatih saya yakin dia akan lebih bagus dari sekarang..

Go..go..Vby..!!

Semoga ulasan ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua, ditunggu masukannya dari kakak-kakak yang lain yang lebih hebat..


Anda Suka Tulisan Ini? Silakan Dibagi

Share to Google Buzz
Share to Google Plus
Share to LiveJournal
Paccarita (138 Posts)

Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose