Uncategorized

Help Sokola Makassar

Sokola Makassar

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di Makassar ada sebuah sekolah alternatif yang sudah berdiri lama dan sudah menyumbang banyak untuk warga pesisir yang kurang mampu. Namanya Sekolah Pesisir atau Sokola Makassar.

Terletak di pesisir pantai kota Makassar, tempat yang jadi salah satu kantung kemiskinan kota ini, Sokola sudah beroperasi sejak tahun 2001. Misi awal mereka adalah mengajarkan anak-anak dan warga sekitar yang masih buta aksara untuk bisa membaca dan menulis.

Perlahan-lahan Sokola Makassar makin diterima warga setempat. Tahun 2005 mereka akhirnya punya rumah sendiri yang berdiri di atas tanah pinjaman warga setempat. Sokola makin ramai, mereka kemudian tidak hanya mengajar baca-tulis tapi juga mulai mengajarkan beberapa keterampilan pada anak-anak sekitar yang sebagian besarnya adalah anak-anak putus sekolah.

Mereka mengajarkan cara membuat prakarya kecil, kaos, merchandise, fotografi, photoshop, komputer dan bermacam-macam kegiatan lainnya yang diharapkan bisa membuat anak-anak itu punya modal untuk hidup yang lebih baik.

Akhir tahun 2011 Sokola mendapat kejutan. Pemilik tanah tempat mereka biasanya beraktifitas berniat untuk menjual tanahnya. Tak ada pilihan lain, mereka harus pindah ke tempat yang lain. Warga sekitar berkeras agar Sokola tidak pindah ke tempat yang jauh. Mereka sudah terlanjur jatuh cinta pada sebuah sekolah yang mereka anggap telah membantu  mereka.

Sokola Makassar

Sekarang ini Sokola butuh uluran tangan kita semua agar mereka tidak sampai gulung tikar dan memutus impian anak-anak kurang beruntung di pesisir pantai kota Makassar itu. Sokola butuh dana untuk pindah ke tempat yang baru, tempat yang mungkin akan lebih bisa membuat mereka tenang.

Bagi anda yang berniat untuk mengulurkan tangan, ada banyak ragam cara. Di antaranya :

Memberikan donasi sukarela kepada mereka melalui akun :

BNI Cab. Mattoangin,

a.n. Andi Sulfiani qq Sokola Pesisir

no. 0243682214

Menyumbangkan pakaian layak pakai anda yang nantinya akan dijual murah kepada masyarakat setempat dan hasil penjualannya akan ditabung untuk penggalangan dana sekolah mereka. Sumbangan pakaian layak pakai anda bisa diberikan langsung ke alamat

  • Sokola Pesisir Mariso di Jl. Nuri lr. 300, no 131, Makassar (a.n Efi Sulfiani di  081355505895, Habibi di  081242249056 dan Imran di 082190358797)
  • Kampung Buku, Komp. CV Dewi, Jl. Abd. Dg. Sirua 192E, Makassar (a.n  Anwar Jimpe Rahman, 081342398338)

Membeli produk karya anak-anak Pesisir Mariso berupa kerajinan tangan, buku, foto, lukisan dan film. Info mengenai produk anak-anak Pesisir Mariso bisa menghubungi : Efi Sulfiani (081355505895)

Menyebarluaskan informasi ini ke sanak, kerabat, teman dan handai taulan lainnya.

Memberitahu bos, pimpinan, direksi kantor tempat anda bekerja agar diikutkan kedalam program CSR kantor anda.

Turut hadir dan berpartisipasi pada acara penggalangan dana yang pelaksanaannya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Mari meluangkan waktu dan rejeki kita untuk membantu Sokola , agar mimpi anak-anak kurang beruntung itu bisa jadi kenyataan.

Informasi lain tentang Sekola Pesisir atau Sokola Makassar dapat diakses di : http://sekolahpesisir.wordpress.com/2012/01/15/sekolah-pesisir/

Mari berbagi, sebarkan hashtag #HelpSokolaMakassar


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *