Uncategorized

Anging Mammiri Bertualang ke Spermonde

Kapal Novita Sari (foto by: daenggassing.com)

Blogger Makassar mendapat undangan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang menggelar acara “PRESS AND MARINE EXCURSION” di Kepulauan Spermonde. Dinas Budpar SulSel bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) wilayah SulSel berinisiatif untuk mengajak rekan-rekan media dan blogger untuk melihat langsung keadaan di kepulauan Spermonde. Selain sebagai corong wisata juga sekaligus untuk menceritakan keadaan yang sebenarnya dari gugusan kepulauan di selat Makassar itu.

Anging Mammiri dapat dua jatah dan melalui mekanisme penilaian siapa yang paling konsisten ngeblog dalam 2 bulan terakhir, akhirnya terpilih Iqko dan Mamie untuk mewakili AM. Daeng iPul meminta satu jatah tambahan , jadi genaplah tiga wakil Anging Mammiri. Sementara itu ada Mustamar dan Lelaki Bugis yang mewakili Koshmediatama, sebuah perusahaan yang jadi rekanan Dinas Budpar dan diisi teman-teman blogger. Lelaki Bugis sebenarnya hanya menggantikan Daeng Mappe yang tidak bisa ikut karena kesibukan. Jadi total ada 5 orang blogger AM yang ikut dalam ekspedisi ini.

Personil Anging Mammiri minus dg.iPul ( foto by: daenggassing.com)

Perjalanan dimulai dari dermaga Khayangan hari Jumat tanggal 17 Mei jam 4 sore. Rute pertama adalah menuju pulau Barrang Lompo sambil berkeliling ke beberapa pulau seperti Lae-Lae, Samalona dan Kodingareng Keke. Rombongan beristirahat sejenak di Barrang Lompo sebelum malam harinya jam 12 melanjutkan perjalanan ke Takabakang.

Takabakang ditempuh selama kurang lebih 6 jam. Takabakang adalah sebuah gugusan karang yang menjadi tempat untuk menikmati pemandangan bawah laut. Sayangnya karena ternyata karang di Takabakang sudah banyak yang hancur karena ilegal fishing.
Perjalanan terasa berat karena ombak yang tidak bersahabat. Hasilnya, sebagian besar peserta harus muntah karena mabuk laut. Dari Takabakang peserta dibawa menuju pulau Kapoposang yang sudah berada dalam wilayah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Malam itu peserta menghabiskan waktu di sana.

Melepas penyu sisik (foto by: daenggassing.com)

Hari Minggu (20/5) peserta diberi kesempatan untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan laut. Ada yang snorkling, berenang, main pasir dan tentu saja diving. Pulau Kapoposang memang sangat menyenangkan untuk dinikmati.
Pagi hari selepas briefing, peserta diberi kesempatan untuk ikut melepas tukik (penyu sisik yang masih kecil) yang memang ditangkarkan di Kapoposang. Seluruh peserta tampak antusias melepas penyu sambil berharap penyu-penyu itu bisa bertahan hidup dan terus berkembang biak.

Acara ditutup sekitar pukul 13 siang. Seluruh rombongan bertolak kembali ke Makassar meninggalkan banyak cerita tentang Spermonde yang indah namun mulai terancam. Sebuah pengalaman yang sangat mengasyikkan.

Berikut adalah beberapa tulisan tentang perjalanan ke Spermonde yang dibuat oleh rekan-tekan blogger :

1. Spermonde 1 ; Senja Indah di Spermonde
2. Spermonde 2 ; Takabakang Sayang, Takabakang Malang

3. Spermonde 3 ; Diving itu…

4. Spermonde 4 ; Itu Surga, namanya Kapoposang

5. Spermonde 5 ; Berenanglah Turtie, Hiduplah, Nikmati Lautmu

6. Menitip Setitik Harapan di Antara Keprihatinan

7. Catatan Pribadi dari Press Tour and Marine Excursion

8. Spermonde 1 ; Postcard From Heaven

9. Spermonde 2 ; Barrang Lompo Yang Semakin Bersolek

10. Spermonde 3 ; Takabakkang sayang, Takabakkan malang


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *