Uncategorized

Nonton Bareng Linimassa 2 di Makassar

Peserta Nobar Linimassa2

Sore itu Kampung Buku yang terletak di Jl. Abdullah Dg. Sirua BTN CV Dewi terlihat lebih ramai dari biasanya. Rumah yang memang sudah dikenal sebagai tempat berkumpul dari beragam komunitas di Makassar itu terlihat lebih ramai oleh puluhan orang yang datang menjelang waktu berbuka puasa.

Hari itu Komunitas Blogger Makassar, AngingMammiri menjadi tuan rumah untuk pemutaran film dokumenter Linimassa 2 dan kemudian memilih Kampung Buku sebagai tempat untuk memutar film dokumenter yang bercerita tentang bagaimana orang Indonesia menggunakan social media untuk hal-hal yang berguna.

Acara dimulai sekitar pukul 17:30 dengan paparan dari XL North Region yang diwakili langsung oleh GM mereka bapak Awaluddin Tahir. Dalam paparannya, pak Awal yang juga seorang penggemar fotografi dan mulai mencoba ngeblog itu bercerita tentang XL Future Leaders, sebuah program dari XL yang berusaha untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan.

Selepas buka puasa, acara kemudian dilanjutkan. Hari itu acara nonton bareng Linimassa 2 sekaligus dirangkaian dengan launcing 2 website yaitu website penerbit Ininnawa dan website partisipasi warga, Makassar nol kilometer.

Penerbit Ininnawa sudah lama dikenal sebagai penerbit lokal yang berkonsentrasi dalam menerbitkan buku-buku tentang ragam budaya Sulawesi Selatan. Sementara itu website baru yang diberi nama Makassar Nol Kilometer itu adalah sebuah website yang dikerja keroyokan secara lintas komunitas dengan maksud untuk merekam kabar warga dan dinamika perkotaan yang ada di Makassar.

Setelah rampung launching dua website itu yang kemudian diselingi dengan perkenalan sebuah website citizen journalism yang bernama SORAK (Suara Orang Kampung) maka film linimassa 2 kemudian segera ditayangkan.

Film produksi bersama Watch Doc dan ICT Watch ini sebenarnya belum resmi diluncurkan. Direncanakan peluncuran resminya nanti akan diadakan di Ambon pada akhir bulan Oktober nanti bertepatan dengan Ambon Jazz Festival.

Selepas acara nonton bersama linimassa 2, digelar diskusi ringan serta cerita singkat di balik layar pembuatan linimassa 2. Ada 3 orang perwakilan dari linimassa 2 yang hadir malam itu, mas Donny BU dari ICT Watch, Manda penyiar El Shinta dan juga salah satu bintang utama linimassa 2 serta seorang jurnalis dari Kompas TV mbak Helena yang juga ikut dalam produksi linimassa 2.

Diskusi berlangsung cukup seru dengan tema utama yang diangkat adalah tentang bagaimana media mainstream kadang secara sadar dan tidak sadar membentuk opini publik dengan cara mereka sendiri yang kadang melenceng dari kenyataan yang ada.

Acara malam itu ditutup menjelang pukul 22:00. Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan untuk 3 orang yang sudah sudi datang jauh-jauh ke Makassar dan berbagi tentang linimassa 2 serta tentu saja seluruh undangan yang sudah rela meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara Tudang Sipulung, nonton bareng  dan diskusi ringan malam itu.

Sampai jumpa di acara berikutnya.


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *