Paccarita goes to Asean Blogger Festival Indonesia 2013

Wakil Anging Mammiri di ABFI 2013

Asean Blogger festival kembali digelar dan Indonesia menjadi tuan rumah kali ini. Kota Solo atau lebih dikenal dengan Surakarta menjadi tempat diselenggarakannya acara ini. ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 (ABFI) adalah event tahunan yang berskala Internasional yang diselenggarakan tahun ini. Anging Mammiri mendapat jatah undangan untuk dua orang. Setelah melewati diskusi yang cukup alot tentang siapa yang akan mewakili Anging Mammiri, maka diputuskan saya dan Nanie yang berangkat. Sungguh, tidak pernah terbayang sebelumnya kalau saya akan ikut terlibat dalam acara ini. Bagaimana tidak, saya hanyalah seorang blogger biasa dan belum mempunyai sepak terjang yang tinggi dalam dunia blogsphere.

Pagi itu, saya dan Nanie memulai perjalanan menuju Solo. Pesawat Lion Air JT 795 mengantar kami ke Soekarno Hatta International Airport dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Solo dengan menggunakan JT 568. Sedianya kami hanya transit selama kurang lebih 3 jam menurut jadwal. Tetapi bukan Lion Air namanya kalau tidak mengalami delay. Maskapai ini adalah salah satu maskapai yang doyan delay. Jadi sudah tidak kaget kalau tetiba terdengar pengumuman jadwal kami ke Solo ditunda kurang lebih satu jam. Di antara para penumpang pada sore itu, ada beberapa yang menjadi tamu dari Asean Blogger Festival. Saya mengetahuinya dari twit-twit yang berseliweran di linikala yang menggunakan hastag #ABFI 2013. Melalui twitter kami saling menyapa dan menyemangati agar tidak merasa bosan menunggu jadwal keberangkatan kami. Suasana keakraban sangat terasa meskipun melalui linikala.

Akhirnya setelah menunggu selama kurang 5 lima jam, pengumuman untuk masuk ke dalam pesawat terdengar. Dengan bergegas kami menuju badan pesawat yang mengharuskan kami pindah gate terlebih dahulu. Perjalanan kami penuh dengan drama dan sedikit perjuangan. Tapi tidak mengurangi semangat kami untuk segera bertemu dan bergabung di venue yang telah ditentukan. Tepat pukul 19.00 pesawat Lion Air mendarat dengan mulus di Bandara Adi Sumarmo. Sudah dipastikan rombongan kami terlambat untuk bergabung di Loji Gandrung. Di ruang kedatangan, ada 20 orang Blogger dari berbagai macam penjuru bertemu. Kami saling menyapa dan berkenalan. Di antaranya ada rombongan dari Blogger Malaysia, Blogger Manado, Blogger Balikpapan, Blogger Medan, Blogger Aceh, Blogger Palu dan Juga Blogger Beleter Pontianak. Salah satu di antara kami mengkonfirmasi ke panitia, apakah kami dijemput atau jalan sendiri ke hotel.

Drama kedua berlanjut. Panitia memutuskan rombongan kami dijemput mobil hotel dan langsung diantar menuju Loji Gandrung untuk bergabung di acara Gala Dinner bersama Bapak Walikota Solo. Loji Gandrung adalah kediaman resmi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Ohh….no…saya mendadak pusing mendengarnya. Tidak ada tawar menawar lagi. Semua harus nurut dengan keputusan panitia. Sesampai di Loji Gandrung, saya dan Nanie bergegas mencari kamar mandi untuk berganti pakaian. Dress code pada gala dinner malam itu adalah “batik”. Bagaimana tidak saya mendadak pusing, saya orangnya paling tidak suka berganti pakaian dalam keadaan tidak mandi. Apalagi setelah seharian terlunta-lunta di Soetta, pastilah kucel dkk yang ada. Sepertinya malam itu saya harus rela berdamai dengan kenyataan. Belum lagi sepatu yang tertinggal di koper. Maka malam itu saya tampil dengan rasa tidak percaya diri. Dalam hati rasanya pengen mengutuk Lion Air yang telah membuat kami terlambat mendarat di Solo. Rasa tidak nyaman itu tak berlangsung lama, kemeriahan gala dinner dan euphoria bertemu dengan teman-teman baru yang membuat semuanya berubah. Serta suguhan berbagai macam makanan khas ala Solo seperti Timlo, Nasi Liwet, Tengkleng, Wedang Jahe dan lain-lain yang menambah semaraknya Loji Gandrung karena kehadiran para blogger malam itu.

Kelar acara gala dinner, saya dan Nanie bergegas menuju hotel tempat kami menginap. Sebelumnya, saya sudah diinfokan oleh mba Indah Juli kalau anak anging mammiri sekamar dengan blogger tamu dari luar. Crappp…..sontak saya histeris. Pembagian kamar di event ini juga sudah diatur oleh panitia. Dalam event ABFI ini, panitia menyediakan 2 hotel yaitu Hotel Sahid Jaya dan Hotel Kusuma Sahid. Info pertama yang saya dapatkan, saya sekamar dengan blogger Cambodia. Tidak ada dalam satu komunitas sekamar bersama. Sedang Nanie sekamar dengan blogger dari Myanmar. Seru kan 😛 Hohoho…ini tantangan buat saya. Hidup itu memang selalu penuh dengan kejutan. Saya pasrah saja menerimanya. Ternyata setelah dicek oleh panitia seksi akomodasi, nama saya tidak ada dalam list kamar untuk Hotel Sahid Jaya, pun begitu juga di Hotel Kusuma Sahid. Karna sebelumnya saya sempat mengecek di Hotel Kusuma Sahid sewaktu mengambil koper yang saya titip sama petugas hotel yang menjemput di bandara sebelum ke Loji Gandrung tadinya. Well…drama terus berlanjut dan kali ini memasuki episode ketiga.

Nah lho….saya makin tambah bingung dong. Oleh panitia akhirnya saya dipindahkan ke kamar yang masih kurang penghuninya. Finally….saya sekamar dengan mba Lusi blogger dari Pekan Baru. Ada perasaan lega karna saya tidak harus adu nyali menggunakan bahasa Inggris yang belepotan tentunya. Setelah konfirmasi ke Mba Indah Juli, ternyata yang menjadi sekamar saya awalnya adalah laki-laki. Panitia terkecoh karena namanya seperti nama perempuan. Gubrakzzz….

*****

Asean Blogger adalah sebuah inisiatif yang mewadahi semua komunitas blogger yang ada di Asean dan sebagai wujud silaturrahmi para blogger se-Asean.  Asean Blogger Community 2013 ini  diharapkan menjadi satu komunitas untuk menyongsong terbentuknya Komunitas Asean 2015. Keberadaan komunitas ini, berpotensi meningkatkan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi dan budaya. Event kopdar terbesar yang digelar pada tahun 2013 ini diikuti 230 blogger dari seluruh Indonesia serta 20 orang blogger dari sejumlah negara Asean.

Lalu kenapa harus Blogger? Mengutip pernyataan Bapak Hazairin Pohan salah satu pejabat dari Kemenlu  RI bahwa Blogger mempunyai peran  sangat besar  untuk memberikan edukasi dan pemahaman yang lebih cepat dan lebih luas melalui tulisan-tulisannya. Dan melalui Festival Blogger ASEAN di Solo yang bertemakan “”Re-inventing the Spirit of Cultural Heritage of Southeast Asia“ merupakan perwujudan dari niat tersebut dengan mengangkat warisan budaya sebagai refleksi untuk kebersamaan menuju ASEAN Community 2015.

Solo merupakan kota budaya yang eksotis,  maka tema ini dirasakan sangat relevan karena Kota Solo sendiri memiliki warisan sejarah budaya yang kaya serta memiliki nilai historis yang tinggi. Tujuan dari tema tersebut yakni untuk menguatkan kembali ruh atau akar budaya masyarakat Asean yang masih serumpun dari peninggalan nenek moyang. Acara yang dihelat dari tanggal 9 sampai 12 Mei 2013 ini didukung penuh oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Kota Surakarta.

Selama 3 hari penuh, ABFI tidak hanya diisi dengan acara yang serius. Panitia sudah mengemas sedemikian rupa agar pesertanya tidak merasa bosan dan garing. Selain acara seminar dan diskusi-diskusi forum, juga diisi dengan kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Solo dan sekitarnya. Yang namanya blogger pastilah narsis dan pengen eksis di social media, untuk menyalurkan hasrat narsis dan eksis tentunya butuh koneksi internet yang memadai. Lagi-lagi panitia sangat mengerti kebutuhan dari pesertanya. Di sepanjang venue tersedia akses internet yang cukup melimpah. Juga pada hari pertama, kami dibagikan semacam voucher internet yang berlaku untuk 3 hari.

Harapannya setelah selesainya event Asean Blogger Festival 2013 di Solo ini dan kedatangan para blogger-blogger se-Asean, dapat memberikan dampak positif untuk membangkitkan semangat menuju Komunitas ASEAN 2015. Tetapi apapun yang telah dilakukan tanpa dukungan dari semua pihak akan berakhir pada kenisbian. Salam Blogger…..:)

About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Paccarita goes to Asean Blogger Festival Indonesia 2013"