Menemukan Geliat TIK Di Sinjai

Berfoto bersama sebagian peserta FesTIK Sinjai
Berfoto bersama sebagian peserta FesTIK Sinjai

Berfoto bersama sebagian peserta FesTIK Sinjai

Hari Sabtu tanggal 24 Agustus kemarin, saya mendapat kesempatan mewakili Anging Mammiri untuk berbagi tentang bagaimana memanfaatkan media sosial dalam promosi potensi daerah, khususnya potensi wisata dalam acara Festival TIK di Sinjai, Sulawesi Selatan.

Bersama Rara dari Mozilla ID dan Irwin Day dari Nawala (kebetulan keduanya adalah anggota Anging Mammiri juga) kami berbagi banyak hal. Rara memperkenalkan Mozilla dan Firefox sementara Irwin (atau kami biasa memanggilnya daeng Piwing) berbagi tentang kemanan internet dan bagaimana berinternet dengan lebih sehat.

Antusiasme hadirin sangat besar, peserta yang sebagian besar adalah anak sekolah tampak begitu penasaran dengan materi yang kami bawakan. Mereka terlihat benar-benar siap menggunakan internet untuk tujuan yang lebih berguna.

Dari hasil ngobrol dengan beberapa panitia di malam hari saya mendapat kesan kalau geliat teknologi informatika di Sinjai sudah berlangsung lama. Relawan TIK Sinjai ternyata sudah eksis dan solid, begitu juga dengan komunitas lain seperti komunitas pengguna Linux dan open source serta komunitas pengguna android. Beberapa bulan belakangan ini muncul komunitas baru, Komunitas Blogger Sinjai.

Dari sesi Desa Membangun saya dapat kabar kalau sudah ada 68 desa yang siap didampingi untuk menggunakan internet secara lebih intensif. Teman-teman dari relawan TIK dan Blogger Sinjai sudah berkomitmen untuk mendampingi mereka. Kabar yang menyenangkan tentu saja.

Saya membayangkan beberapa tahun ke depan Sinjai akan lebih dikenal di Indonesia. Internet bisa jadi salah satu penghantar informasi dari daerah yang selama ini tidak terlalu terdengar namanya itu. Pengalaman 3 hari di Sinjai membuat saya yakin kalau mereka benar-benar bisa mengambil manfaat dari derasnya pengaruh internet di jaman sekarang.

3 hari di Sinjai saya merasakan geliat TIK yang sangat besar. Suatu hari nanti kita mungkin akan membaca banyak kabar gembira dari Sinjai. Kita tunggu saja [dG]

Tulisan lebih lengkap dapat dibaca di sini.

Rara berfoto bersama peserta yang mendapatkan kaos Mozilla

Daeng Piwing bertanya tentang Nawala kepada peserta

Berfoto selesai sesi Moztalk bersama Rara

 

 


About the Author

iPul Gassing
Pemilik DaengGassing.com | Suka ngeblog | Belajar desain grafis dan motret | Pernah jadi ketua Anging Mammiri | Pengguna media sosial |

Be the first to comment on "Menemukan Geliat TIK Di Sinjai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*