"/>

Reportase NgabuburIT Makassar

Sesi diskusi Internet dan Gerakan Warga
Sesi diskusi Internet dan Gerakan Warga

Selasa tanggal 30 Juli bertempat di gedung IDC Makassar menara Bosowa lt.6 digelar acara Tudang Sipulung, NgabuburIT. Acara ini adalah kerjasama antara komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri dengan Norton by Symantec, IDC Makassar dan ICT Watch.

Acara ini dimulai pukul 16:00 WITA lebih, dibuka dengan perkenalan dari daeng Ipul sebagai ketua komunitas Blogger Makassar. Selanjutnya adalah perkenalan dari IDC sebagai tuan rumah yang memberikan tempatnya sebagai ruang untuk bertemu sore itu. IDC adalah singkatan dari Internet Data Center dan Makassar adalah kota pertama di Indonesia timur tempat IDC membuka kantor cabang.

Perkenalan dari IDC sebagai tuan rumah

Presentasi dari Norton by Symantec
Presentasi dari Norton by Symantec
Peserta NgabuburIT
Peserta NgabuburIT
Suasana Buka Puasa Bersama
Suasana Buka Puasa Bersama

Setelah wakil dari IDC, berikutnya adalah presentasi dari Norton yang bertajuk “Mobile Security”. Dalam presentasi ini dijelaskan tentang masih banyaknya pengguna mobile internet yang tidak paham tentang malware, spam, dan ancaman mobile lainnya. Norton menghadirkan berbagai fitur canggih yang sangat membantu pengguna mobile internet untuk bisa menggunakan internet di perangkat mereka secara aman dan nyaman. Sesi ini juga diselingi dengan tanya jawab yang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk mencari tahu lebih dalam tentang mobile security.

Acara kemudian diselingi dengan buka puasa dan sholat maghrib. Pihak IDC menyediakan satu ruang khusus untuk sholat dan tentu saja menyediakan takjil dan makan malam untuk para peserta sore itu.

Selepas acara buka puasa dan sholat maghrib acara dilanjutkan dengan bincang-bincang berikutnya. Kali ini temanya adalah “Internet dan Gerakan Warga”. Bertindak sebagai fasilitator adalah Daeng Ipul dari Blogger Makassar serta pak Onno W Purbo, seorang praktisi IT yang juga banyak terlibat dalam gerakan warga di Indonesia. Sementara itu Matahari Timoer, blogger dari Bogor bertindak sebagai moderator.

IMG_5158
Matahari Timoer, pak Onno dan Daeng Ipul

 Suasana diskusi Internet & Gerakan Warga

Suasana diskusi Internet & Gerakan Warga

Dalam diskusi ringan ini diungkapkan kalau kekuatan internet itu sangat besar serta bisa membantu mendukung sebuah gerakan bersama dari warga. Kelemahannya hanyalah karena selama ini belum banyak warga yang tahu betul bagaimana memanfaatkan kelebihan internet. Makassar sendiri belum termasuk kota yang paham betul bagaimana memanfaatkan internet untuk gerakan warga meski sudah ada beberapa gerakan warga yang berbasis internet seperti yang terjadi pada banjir Sulawesi Selatan awal tahun 2013.

Acara ini ditutup sekitar pukul 19:30 WITA. Para peserta yang berminat tahu lebih banyak tentang IDC diajak tour keliling IDC oleh staff IDC termasuk melihat langsung bagaimana yang namanya rak server. Acara hari itu ditutup dengan foto bersama para peserta.

Foto Bersama Sebagian Peserta NgabuburIT
Foto Bersama Sebagian Peserta NgabuburIT

Leave a Reply