"/>

Kenali Alat Reproduksimu

Rekaman serunya Tudang Sipulung malam tadi
Rekaman serunya Tudang Sipulung malam tadi

Selamat pagi Paraikatte!

Pagi ini Pacca bangun dengan semangat dan pengetahuan-pengetahuan baru. Tadi malam soalnya sudah disuntik sama pengetahuan baru tentang kesehatan reproduksi, khususnya kesehatan reproduksi wanita di Tudang Sipulung Anging Mammiri. Acaranya digelar di tempat biasa, Cafe Baca jl. Adhyaksa mulai sekitar jam 19:30.

Tadi malam kan hujan, jadi sampai jam 19:00 teman-teman yang datang masih sedikit. Duh! Pacca kuatir acaranya bakal sepi, tapi Alhamdulillah makin malam makin ramai. Pembicara kita kak Sartika Nasmar juga datang dengan badan sedikit basah, duh jadi tidak enak sama beliau hehehe. Kak Sartika (biasa disapa kak Tika) ini bukan tenaga medis tapi beliau konsen bekerja sebagai tenaga pendamping untuk LSM yang bergerak di bidang kesehatan khususnya kesehatan reproduksi wanita.

Ada banyak pengetahuan baru yang disebar tadi malam, tentang bagaimana mengenal alat reproduksi dan bagaimana menjaganya agar tetap sehat, utamanya bagi wanita yang alat reproduksinya lebih ribet. Kak Tika bilang hati-hati kalau pakai pembersih buat vagina karena bisa menyuburkan bakteri. Terus, bulu kelamin jangan dicukur bersih apalagi pakai bahan kimia karena bulu kelamin aslinya kan berguna untuk melindungi kelamin dari bakteri, kalau terlalu halus bakterinya jadi tidak tersaring lagi dong.

Terus kak Tika juga berpesan kalau kaum perempuan harus rajin-rajin ganti celana dalam biar vaginanya tidak lembab dan jadi sarang bakteri. Usahakan juga jangan terlalu sering menggunakan pantyliner karena tidak sehat buat vagina. Ada juga yang bertanya tentang keputihan, kata kak Tika itu normal sepanjang tidak berbau, berwarna kekuning-kuningan dan jumlahnya terlalu banyak.

Jadi tadi malam itu banyak sekali kata vagina, penis dan payudara bertebaran. Kata kak Tika, tidak apa-apa, kenapa harus malu? Kan itu memang namanya, hihihi. Selama ini kita menganggap kata-kata itu tabu sehingga menggunakan kata lain sebagai penggantinya seperti burung atau titit. Padahal vagina, penis atau payudara sama saja dengan bagian tubuh yang lain seperti mata, hidung, tangan dan lain-lainnya jadi tidak perlu untuk malu menyebutnya.

Kak Tika juga menyarankan agar orang tua atau kakak mengajarkan seks kepada anak atau adik dari dini. Minimal mengajarkan mereka mengenal alat-alat reproduksinya biar mereka tidak salah kaprah dan kelak bisa menjaga dirinya sendiri. Proses pengenalannya tentu dengan perlahan dan disesuaikan dengan usianya.

Di ujung acara kak Tika mengingatkan kita semua untuk mengenali alat reproduksi kita sendiri supaya bisa tahu bagaimana caranya menjaga agar tetap sehat. Lagipula kalau kita kenal alat reproduksi kita sendiri maka kitapun pasti akan menjaganya dengan baik bukan?

Intinya, Tudang Sipulung tadi malam benar-benar menyenangkan. Banyak sekali informasi penting yang Pacca dan teman-teman dapatkan tadi malam. Senang sekali bisa datang di acara Tudang Sipulung, mudah-mudahan berikutnya kita bisa ketemu lagi di acara Tudang Sipulung yang lain.

Untuk yang belum pernah datang, nanti datang yaaa..Tudang Sipulung itu menarik koq, banyak informasi baru yang kita dapatkan, banyak teman baru yang kita kenal dan semuanya gratiss!! Hehehe. Babayyy!!


2 Comments

  1. roni December 18, 2013
  2. Arfan Arsyad December 28, 2013

Leave a Reply