"/>

Seru-seruan di 4 Tahun KPAJ

Foto bersama selepas acara

Kakak-kakak sekalian pasti tahu dong apa itu KPAJ? Belum tahu? Oke deh, Pacca ceritakan sedikit yaa. KPAJ itu singkatan dari Komunitas Pecinta Anak Jalanan, isinya adalah kakak-kakak dari berbagai latar belakang yang punya kepedulian pada anak-anak jalanan yang kurang beruntung. Nah, kakak-kakak KPAJ ini setiap hari Minggu menggelar Sekolah Ahad yang tujuannya untuk memberikan beragam pengetahuan buat adik-adik jalanan di sekitar kampus UNHAS. Pelajarannya macam-macam, dari IPA, IPS, Agama, Bahasa Inggris sampai pelajaran keterampilan. Keren sekali kan? Semua dilakukan dengan ikhlas loh, tanpa mengharap imbalan apa-apa *terharu*

Nah, hari Minggu kemarin (16 Feb 2014) kakak-kakak dari KPAJ menggelar puncak acara peringatan 4 tahun KPAJ di sekitaran danau UNHAS, Tamalanrea. Acaranya macam-macam, dari pertunjukan seni anak-anak KPAJ yang disebut Pasukan Bintang sampai acara outbound yang diikuti Pasukan Bintang dalam 5 kelompok. Ada juga beberapa kakak-kakak dari beragam komunitas yang ikut menjadi pendamping adik-adik Pasukan Bintang. Ada kakak-kakak Makassar Berkebun, dari Anging Mammiri, dari Jalan-Jalan Seru Makassar, FKBS (Forum Kampung Bahasa Sulawesi) dan dari Penyala Makassar.

Acaranya dimulai agak terlambat karena hujan yang mengguyur kota Makassar dari pagi. Dimulai dengan pertunjukan seni dari Pasukan Bintang yang kemudian disela dengan acara makan siang bersama. Selepas istirahat dan sholat dhuhur acara dilanjut lagi, kali ini seru-seruan di lapangan bersama Pasukan Bintang.

Acaranya super seru! Mulai dari adu yel-yel antar kelompok. Sayang sekali, kelompok dua yang bernama kelompok Matahari yang didampingi kakak-kakaknya Pacca gagal memberi yel-yel terbaik. Disuruh bikin yel-yel malah menyanyi hahaha. Tapi tak mengapa karena semua toh senang dan riang gembira.

Selepas seru-seruan dengan lomba yel-yel, lomba dilanjutkan. Pertama ada permainan ular tangga, yang bermain adalah kakak-kakak pendamping para Pasukan Bintang. Mainnya sih kayak ular tangga biasa, dimulai dengan lempar dadu yang jadi penanda jumlah langkah mereka di atas papan ular tangga. Seru karena kadang peserta harus turun karena berhenti tepat di ular, atau ada juga yang beruntung karena berhenti di lambang tangga. Ada juga beragam pertanyaan seputar KPAJ untuk peserta selama permainan berlangsung.

Oke, ular tangga sudah selesai! Sekarang kita pindah ke arena tarik tambang. Hmmm, arena ini ternyata lebih seru dari yang pertama. Tahu sendirilah bagaimana serunya 13 peserta saling tarik menarik dengan tambang, belum lagi anak-anak Pasukan Bintang yang kadang susaaaaah (pakai banget) diatur hahaha. Tahu tidak, kakak-kakak pendamping dari beragam komunitas itu betul-betul total loh! Mereka sampai rela jatuh bangun dan terseret di lumpur, pokoknya seruu!! Hihihi.

Nah, selepas tarik tambang permainan dilanjutkan dengan Mencari Harta Karun! Permainan puncak ini dibagi dalam 5 pos, tiap-tiap pos tantangannya berbeda-beda. Tapi tetap ada yang sama, sebelum menuntaskan tantangan di tiap pos peserta harus mengisi ragam pertanyaan dulu yang isinya sesuai dengan ilmu yang mereka dapat setiap Sekolah Ahad. Kalau sudah barulah para peserta menuntaskan tantangan yang menuntut keberanian, kecekatan dan kerjasama tim. Serunya jadi dobel!

Setiap selesai menyelesaikan tantangan di pos-pos yang tersebar itu, tim akan mendapatkan potongan peta. Peta yang disusun kemudian akan menunjukkan letak harta karun yang harus mereka gali. Teredeng! Tim Matahari yang didampingi kakak-kakanya Pacca jadi tim pertama yang berhasil menemukan harta karun yang tersembunyi itu. Hebat ya kakaknya Pacca, bisa menemukan harta karun yang tersembunyi. Kita doakan semoga mereka juga bisa cepat menemukan jodoh yang tersembunyi #eh

Pokoknya acara hari itu keren banget! Kakak-kakaknya Pacca benar-benar larut dalam kebahagiaan bersama puluhan anak-anak Pasukan Bintang. Dalam hati mereka juga mengakui hebatnya kakak-kakak dari KPAJ yang tiap minggu bergaul dengan adik-adik dari Pasukan Bintang itu. Tidak gampang loh menaklukkan anak-anak yang sudah biasa bergaul di jalan itu. Tapi kakak-kakak KPAJ dengan besar hati bisa bertahan selama 4 tahun, benar-benar luar biasa dan nikahable #eh hihihi.

Ya sudah, selamat ulang tahun buat kakak-kakak di KPAJ yaaa.. semoga makin keren ke depannya! Semoga tetap semangat untuk menemani Pasukan Bintang dan semoga dipermudah semua usahanya. KPAJ keren! Makassar keren! Yeyyy!!

Kak Made dari Anging Mammiri menyerahkan hadiah
Kak Made dari Anging Mammiri menyerahkan hadiah
Hahaha kak Made kerepotan!

 

Video dari acara 4 tahun KPAJ

 


One Response

  1. MuchtarAlim February 28, 2014

Leave a Reply