Terhubung Karena Blog

Ulang Tahun ke-7 Anging Mammiri
Ulang Tahun ke-7 Anging Mammiri

Ulang Tahun ke-7 Anging Mammiri

Sebelum Nopember 2006 komunitas Anging Mammiri belum didengar orang, tentu saja karena sebelum bulan itu Anging Mammiri belum terbentuk. Jadi ceritanya sebelum bulan Nopember itu ada beberapa orang blogger anggota komunitas BlogFam yang berdomisili di Makassar. Beberapa dari mereka di antaranya adalah Rara, Aan Mansyur, Toar Sapada, Adhi Mahendra, Sultra Yani, Ocha dan satu lagi yang jago desain Daeng Leo.

Sebenarnya bukan cuma mereka bertujuh, ada beberapa blogger lainnya yang kemudian saling terhubung dalam satu komunitas blogger bernama BlogFam. Dari beberapa obrolan di forum blogger-blogger yang berdomisili di Makassar (atau disebut BlogFam kelurahan Makassar) akhirnya sepakat untuk membentuk komunitas blog sendiri.

Di tahun itu pertumbuhan blog dan para blogger di Indonesia memang sedang menanjak. Di beberapa daerah sudah bermunculan komunitas blogger berbasis daerah seperti Loenpia di Semarang, TPC di Surabaya atau Cah Andong di Jogja. Nah, para blogger Makassar di BlogFam terpikir; kenapa Makassar tidak bikin komunitas blog juga?

Jarak dari munculnya ide itu sampai benar-benar terbentuknya komunitas blogger memang tidak pendek. Ada beberapa pertemuan awal dan kopdar-kopdar sebelum akhirnya semua sepakat untuk membuat komunitas blogger yang kemudian diberi nama Anging Mammiri.

Beragam blogger dengan beragam latar belakang dan kesibukan itu dihubungkan oleh satu hal: blog! Kala itu social media seperti Facebook dan Twitter memang belum muncul, baru ada Friendster yang tentu saja fasilitasnya belum seperti social media yang sekarang. Maka jadilah blog (belakangan ada mailing list) yang jadi alat penghubung utama dari para blogger itu.

Perkembangan teknologi memang sudah sangat maju. Jaman digital datang seperti air bah dengan ragam inovasinya yang terus bertambah. Pola interaksi orangpun jadinya makin beragam. Kalau dulu orang hanya mengandalkan surat atau telepon rumah agar bisa saling terhubung maka sekarang semua bisa terhubung lewat internet sepanjang dia memang mau dan punya sinyal internet.

Nah, internet itu pula yang kemudian menghubungkan banyak orang dengan latar kesamaan hobi yang kemudian berkumpul menjadi satu dalam komunitas blogger yang diberi nama Anging Mammiri. Tepat tanggal 25 Nopember 2006 komunitas ini dikukuhkan. Tanggal inilah yang tiap tahun dianggap sebagai tanggal berdirinya Anging Mammiri.

Sampai sekarang Anging Mammiri masih terus eksis dengan berbagai kegiatannya. Hubungan antar para anggotapun makin beragam. Kalau dulu blog dan mailing list jadi alat penghubung utama yang membuat orang saling terhubung maka sekarang sudah ada tambahan lainnya, mulai dari Facebook dan Twitter sampai pilihan chat room seperti WhatsApp maupun Line. Benar-benar banyak pilihan cara dan metode untuk saling terhubung. Tidak heran walaupun anggota komunitas tersebar di berbagai daerah dan bahkan negara tapi mereka masih tetap terhubung satu sama lain.

[Video Profil Anging Mammiri]

 

Terhubung Di Trans Studio

Dari sekian banyak acara yang dilewati bersama, salah satu yang paling berkesan adalah ketika beberapa anggota komunitas Anging Mammiri mendapat kesempatan untuk menikmati wahana di Trans Studio Theme Park. Tepatnya di akhir tahun 2011. Kala itu Anging Mammiri bekerjasama dengan blogdetik dan detik.com menggelar lomba blog dan twitter berhadiah tiket Trans Studio. Jadilah para pemenang lomba serta beberapa pengurus menghabiskan akhir pekan dengan mencoba berbagai wahana di Trans Studio.

Ketika Berkunjung Ke Trans Studio Makassar

Ketika Berkunjung Ke Trans Studio Makassar

Sebagai salah satu mall terbesar di kota Makassar, Trans Studio Mall yang juga punya wahana permainan ini memang punya potensi besar untuk menghubungkan orang. Mereka yang datang untuk sekadar menghabiskan waktu di akhir pekan atau di waktu senggang sesungguhnya sudah saling terhubung satu sama lain baik secara langsung maupun tidak.

Mereka yang menikmati wahana di Trans Studio Theme Park tentu tanpa sadar telah terhubung lewat wahana yang mereka nikmati itu, begitu pula dengan mereka yang hanya datang untuk sekadar berkunjung ke mall. Secara langsung atau tidak langsung hubungan sosial satu dengan lainnya sudah tercipta, apalagi Trans Studio Mall juga beberapa kali menyiapkan arena parkirannya sebagai tempat untuk menggelar konser musik atau ajang otomotif.

Begitulah, perkembangan teknologi dan ruang di sekitar kita benar-benar menciptakan ragam alternatif dan pola keterhubungan yang baru. Kita bisa terhubung dengan orang lain yang bahkan terpisah jarak dengan sangat mudahnya. Coba luangkan waktu sejenak, Anda pasti akan meyakini betapa banyak orang baru yang terhubung dengan Anda melalui medium baru itu, entah disadari ataupun tidak.

[Anda bisa menceritakan sendiri pengalaman terhubung dengan orang lain atau pola hubungan yang Anda lihat di sekitar. Jangan lupa untuk mengikutsertakan tulisan Anda di lomba blog Anging Mammiri bekerjasama dengan Trans Studio Makassar di sini.]

 


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Terhubung Karena Blog"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*