Artikel,  Gathering,  SewinduAM

Berawal Dari Pesta Blogger

Ini masih rangkaian #SewinduAM di mana beberapa blogger dalam komunitas AngingMammiri akan bercerita tentang pengalaman mereka bergabung dan berinteraksi dalam komunitas ini. Hari ini kita akan menikmati tulisan dari om Bisot, salah satu blogger AngingMammiri yang berdomisili di Jakarta. Yuk, kita baca kisahnya.

Kopdar di PB 2007
Kopdar di PB 2007

Seperti kata orang, kita mengingat moment bukan tanggal, maka moment yang saya bisa telusuri terkait AngingMammiri sejauh ingatan yang masih dapat saya ekstrak kembali yah event PB 2007 di Blitz Megaplex Sabtu, 27 Oktober 2007 lalu. Ya itu pertama kali benar-benar bertemu rekan-rekan Blogger angingMammiri, kopdar pertama yang melanjutkan perkenalan di dunia maya. Bertemu secara langsung pribadi-pribadi yang telah saya kenal melalui ide dan ceritanya di blog masing-masing, saat itu ada Rara, Awi (Munawir), Mpie, Mustamar, Dg. Marowa, Nawir Gani, Irwin, Sukri, Irha, Deen, Ina dst.

Kopdar perdana itu seakan bertemu teman sekampung dirantau 🙂 Saya sendiri setidaknya sekitar 6-7 tahun tinggal di Makassar sejak 1995 hingga 2001.

Kopdar kedua yang saya ikuti itu di Warung coto Haji Mamink Daeng Tata Kamis sore, 13 Maret 2008 sepulang kerja langsung kopdar AM chapter Jakarta di daerah Casablanca. Ketemu Rara, Daeng Rusle, Nawir Gani, Awi (Munawir) dst. Keakraban yang terjalin sudah bukan lagi sekadar pertemanan online, obrolan juga seingat saya mencakup kabar dari teman-teman yang tidak hadir, pekerjaan, rencana-rencana dst. Kopdar-kopdar berikutnya sudah tidak terhitung, silaturahim yang berawal dari dunia maya menjadi awal dari rasa kekeluargaan yang hangat.

Tahun-tahun berjalan seperti lompatan-lompatan ingatan, Komunitas AngingMammiri kini berusia 8 tahun, berarti sudah sekitar 7 tahun saya berinteraksi, mulai dari belajar mengenal social media, belajar mengenal widget blog, mengenal dasar-dasar HTML, SEO, Domain, Hosting dan segala hal yang sama sekali tidak pernah terpikirkan akan menjadi semacam hobi baru, semua itu saya pelajari dari teman-teman di komunitas AngingMammiri.

Yang berkesan? jalan-jalan ke PPLH Puntondo saat HUT AM ke-4, ke Samalona, Barrang Lompo ini semua sudah lebih dari sekadar kopdar, itu sudah masuk kategori family trip atau family gathering 🙂

kalau soal kopdar Komunitas AngingMammiri ini punya istilah kopdar begadang, dan kayaknya saya nyerah kalo soal yang ini, mungkin karena usia yang mendekati kepala 4 alias faktor U hehehe

Oh iya, sekitar akhir 2008 awal 2009 karena tuntutan pekerjaan saya harus bekerja di Maumere NTT, sebuah lokasi yang sama sekali saya tidak memiliki gambaran, hasil googling tentang maumere saat itu masih seputar tentang tsunami di Maumere tahun 1992. Beruntungnya di Milis AngingMammiri ternyata sudah ada member AngingMammiri yang juga bekerja di Maumere NTT, disitulah saya kenal Ilham dan Dedy.

Karena faktor domisili dan tugas yang berpindah-pindah, saya tidak terlalu intens berinteraksi dengan komunitas AM, hanya sering bertukar sapa di media sosial dst. Kopdar juga sudah semakin jarang, tapi dari jauh saya amati semangat kebersamaan masih tetap kental dan cukup solid, saya tahu AngingMammiri juga beberapakali diterpa masalah internal tapi semua saya lihat terselesaikan dengan peran aktif anggota-anggota didalamnya, semangat kebersamaan menemukan solusinya sendiri.

Akhirnya, saya merasa bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar Komunitas AngingMammiri. Apa-apa hal positif yang saya lakukan saat ini dalam kegiatan sosial banyak diilhami dan saya pelajari dari AngingMammiri. Semangat kebersamaan, kepekaan sosial, kritis dan tanggap terhadap keadaan linkungan sekitar.

Semoga diulang tahun ke-8 ini semakin membuat Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri mampu memperluas wilayah bakti dan misinya baik di dunia maya maupun offline 🙂

————————————————————————

Om Bisot, begitu kami biasa memanggil namanya. Beliau adalah seorang abdi negara yang juga aktif sebagai blogger. Saat bertugas di Maumere, NTT beliau juga ikut membantu kelahiran komunitas blogger NTT; Flobamorata. Catatan om Bisot bisa dibaca di blognya: http://bisotisme.blogspot.com/. Di twitter dia berkicau di akun: @bisot.


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *