Pengumuman

Jurnalisme Plat Kuning, Buku Pertama setelah Tiga Tahun

jurnalisme plat kuning

Setelah online selama hampir tiga tahun, situs bersama bergenre jurnalisme warga www.makassarnolkm.com menerbitkan buku berjudul: Makassar Nol Kilometer [DotCom], Jurnalisme Plat Kuning (Tanahindie, Oktober 2014).

Di bulan yang sama, Jurnalisme Plat Kuningakan diluncurkan dan diobrolkan dalam malam peluncurannya pada 27 Oktober 2014, pukul 19.00 Wita, di Kampung Buku, Jalan Abdullah Daeng Sirua 192 E Makassar (Kompleks CV Dewi, samping Kantor Lurah Pandang).

Buku setebal 414 halaman ini buah dari usaha mengumpulkan dan memilih 71 tulisan dari 43 jurnalis warga yang pernah terbit selama 2012 sampai 2014. Jumlah tulisan itu merupakan hasil pemilahan pengelola situs setelah memeriksa dan membaca ulang sekurangnya 250 catatan dan berita dari warga berkaitan perkembangan kota di sekitar mereka.

Untuk memasukkan tulisan-tulisan tersebut ke dalam kompilasi Jurnalisme Plat Kuning, pengelola situs menyingkirkantulisan ‘press release’ kegiatan yang biasanya dikirim beberapa pegiat komunitas.Kedalaman topik bahasan jadi pertimbangan utama proses penyuntingan.

Penerbitan buku ini diharapkan pemicu lebih menggairahkan perkembangan situs ini, sebagai media alternatif yang membahas perkembangan-perkembangan yang terjadi di lingkungan warga di jazirah selatan Sulawesi.

Makassar Nol Kilometer DotCom adalah situs yang dipersembahkan untuk warga dan dikelola oleh warga. Website ini pada dasarnya hanyalah sebuah inisiatif. Tidak lebih. Ia tidak dimiliki sekelompok orang. Yang ada hanya pengelola. Bagaimana pun, situs yang diperuntukkan dan dimiliki oleh khalayak sepatutnya memiliki pengelola. Pengelola inilah yang selama ini mengatur arus dan menyunting naskah untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, mulai dari menjaga agar tidak kena retas (hack) sampai memeriksa dan mengedit naskah yang dikirim ke email Redaksi.

Rencananya, situs ini berencana meluaskan pembacanya sampai ke lembaga pendidikan. Karena itulah buku ini akan membagikan gratis dan dipromosikan ke kalangan siswa-siswa SMP dan SMA.[]


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *