Press Release: Pesta Komunitas Makassar 2015

Makassar berkembang menjadi kota metropolis yang semakin ramai dan maju. Kemajuan kota bukan hanya dari segi pembangunan fisik, tapi juga aktivitas manusianya. Dari sekian banyak aktivitas tersebut, salah satu yang paling menonjol yaitu aktivitas dari anak-anak muda Makassar yang tergabung dalam banyak komunitas dan gerakan-gerakan sosial.

Komunitas tersebut tumbuh dan bergerak dengan latar yang berbeda-beda. Mulai dari komunitas hobi, IT, fotografi, traveling, sampai komunitas fashion. Kegiatan mereka juga tidak melulu untuk bersenang-senang karena beberapa komunitas juga aktif dengan gerakan-gerakan sosial yang menyentuh masyarakat umum dalam skala yang lebih luas.

pesta-komunitas-2015

Sisi positif komunitas-komunitas anak muda tersebut sayangnya seringkali tertutupi oleh aksi-aksi kekerasan yang lebih sering diberitakan dan kemudian lekat dengan citra kota Makassar. Penyebab lainnya karena aksi komunitas di Makassar lebih banyak berlangsung secara sporadis dan berjalan sendiri-sendiri.

Berangkat dari keadaan itulah, beberapa penggerak komunitas kemudian merancang sebuah acara yang mempertemukan komunitas-komunitas tersebut di sebuah tempat dimana komunitas bisa menampilkan hasil karya dan kegiatan mereka. Diharapkan kegiatan ini bisa memperkenalkan dan mendekatkan komunitas-komunitas tersebut dengan warga kota Makassar sekaligus memperbaiki citra kota Makassar.

Ide tersebut kemudian direalisasikan tanggal 24-25 Mei 2014 dalam sebuah acara bernama Pesta Komunitas Makassar yang digelar di Monumen Mandala, Makassar. Tercatat ada 75 komunitas kreatif dan gerakan sosial yang ikut meramaikan Pesta Komunitas Makassar 2014. Acara ini mendapat respon positif dari pemerintah kota Makassar, pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dan tentu saja warga kota Makassar.

Selama dua hari komunitas Makassar memamerkan hasil karya dan kegiatan mereka sambil menghibur para pengunjung. Dalam Pesta Komunitas Makassar juga komunitas-komunitas ini melebur bersama warga kota Makassar. Selepas acara kebersamaan antar komunitas tidak menguap begitu saja, beberapa komunitas sepakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan bersama lintas komunitas.

Dari kegiatan Pesta Komunitas Makassar 2014 ini, terjalin hubungan silaturahmi sesama komunitas. Berbagai kegiatan kolaborasi komunitas telah nampak. Komuntas­ sosial bekerja sama dengan komunitas yang berlatar traveling. Sesama peggiat fotografi melakukan kegiatan berbagi ilmu bersama. Ataupun kegiatan kolaborasi komunitas lainnya.

Keberhasilan Pesta Komunitas Makassar 2014 hendak diulang lagi tahun 2015 ini. Dengan perencanaan yang lebih matang Pesta Komunitas Makassar 2015 diharapkan bisa mengulang sukses Pesta Komunitas Makassar 2014 dan bahkan diharapkan bisa digelar dengan lebih meriah.

75 komunitas yang hadir di tahun 2014 sudah memastikan diri untuk kembali memeriahkan Pesta Komunitas Makassar 2015, ditambah dengan beberapa komunitas lain yang juga siap untuk melebur bersama. Secara keseluruhan, jumlah komunitas yang siap berpartisipasi dalam Pesta Komunitas Makassar ini adalah 130 Komunitas.

Seperti Pesta Komunitas Makassar 2014, tahun ini kepanitiaan juga merupakan unsur dari lintas komunitas. Ini dimaksudkan agar teman-teman komunitas bisa saling bekerjasama dan menumbuhkan rasa kebersamaan sehingga acara ini akan menjadi acara bersama, bukan acara satu-dua komunitas saja.

Pesta Komunitas Makassar 2015 dengan tema : Sinergi, Harmoni, Aksi! akan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Ahad (06-07 Juni 2015), di Benteng Fort Rotterdam, Makassar. Terdapat 4 kegiatan utama, yaitu Pameran Booth Komunitas, Kelas kolaborasi, Panggung Komunitas, dan Games traditional. Bukan hanya itu, terdapat pula area bermain anak-anak serta booth UKM Kreatif Makassar.

Sinergi, Harmoni, Aksi!


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Press Release: Pesta Komunitas Makassar 2015"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*