Belajar Menulis Bareng MAM

Flyer

Flyer

Saya mulai menulis di blog sejak tahun 2012. Walopun isi blog saya masih serabutan alias campur aduk tapi saya berusaha konsisten untuk terus menulis.

Hingga akhirnya Qiah, salah seorang teman blogger, ngajak saya untuk ikut Kelas Menulis yang diadakan komunitas blogger perempuan MAM (Makkunrai Anging Mammiri) yang diadakan hari Jumat tanggal 19 Februari 2016.

Akhirnya hari H pun tiba, setelah kemarin hari G dan besok hari I, hihiii… *koq jadi ngawur gini yaa… Yang jadi pemateri adalah Kak Ipul, yang blognya www.daenggassing.com. Kak Ipul ini sudah malang melintang di dunia blogging sejak lama, yang awalnya hanya bersifat personal hingga akhirnya ngeblog jadi mata pencahariannya.

Daeng Ipul saat sharing

Daeng Ipul saat sharing

Di kelas menulis kemarin Kak Ipul ngajarnya dengan suasana yang santai banget. Gak ada kesan kalo menggurui, jadinya kita lebih enak menyerap ilmunya. Ada banyak hal yang diajarkan, mulai dari bagaimana mulai menulis hingga tips agar tulisan kita menarik minat pembaca. Awalnya kita mesti tau dulu alasan kita membuat blog untuk apa? Apakah untuk curhat, aktualisasi diri atau mencari nafkah? Selanjutnya ketika sudah ada ide untuk nulis, sebaiknya dicatat dulu supaya tidak lupa. Setelah itu ide tersebut dijabarkan dalam beberapa pertanyaan yang nantinya kita jawab sendiri. Nah dari jawaban-jawaban itulah bisa kita rangkaikan menjadi cerita atau tulisan.

Berfoto bersama salah satu peserta

Berfoto bersama salah satu peserta

Berfoto bersama setelah acara

Berfoto bersama setelah acara

Lantas tulisan yang seperti apa yang akan menarik minat pembaca? Jangan lupakan judul! Judul sebuah tulisan juga penting sebagai kesan pertama. Buat judul yang membuat orang penasaran untuk membacanya. Yang paling menarik adalah judul yang disertai dengan nomor, seperti “5 Tips Menggunakan Hijab” atau “7 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Liburan Ke Pantai”. Judul  seperti ini akan membuat orang merasa mereka akan mendapatkan informasi yang akurat dengan membaca tulisan kita.

Pada saat sesi tanya jawab, saya pun bertanya ke Kak Ipul “gimana sih caranya menjadikan blog sebagai sumber penghasilan?” Heheee… *otak bisnis bermain nih.. Dan jawabannya adalah :

  1. Konsisten posting di blog
  2. Menjadikan blog spesifik dalam 1 tema, seperti blog fashion, traveling, dan sebagainya.

Wah….gampang-gampang susah nih buatku 😀 Yang pertama, saya belum konsisten menulis karena banyaknya kesibukan yang lain. Yang kedua, saya menulis sesuai ide yang muncul dan langsung diposting di blog, namanya juga penulis serabutan, hehee..

Di akhir pelajaran, Kak Ipul juga ngasi PR buat kita lho… PRnya adalah menulis sesuatu yang spesifik misalnya, lipstik. Dan tulisannya udah harus diposting di blog paling lambat seminggu kemudian. Siap deh kak!!

Menurut saya, kelas menulis ini bermanfaat banget. Bukan cumab nambah ilmu tapi juga tambah teman dan terutama tambah koneksi dengan para blogger ini yang semuanya punya bisnis masing-masing.

Terima kasih buat komunitas blogger perempuan MAM (Makkunrai Anging Mammiri), sering-sering aja adaian acara seperti ini 🙂

 

Sumber foto : Zilqiah Angraini |www.qiahladkiya.com

Sumber tulisan: Eryvia Maronie | http://www.emaronie.com/


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Belajar Menulis Bareng MAM"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*