Ngobrol Bareng dan Santai Bersama Telkom Indonesia

Era internet cepat untuk indonesia sudah di depan mata. Berdasarkan asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia, dalam q4 2015 terdapat 90,6 juta pengguna internet di indonesia atau sekitar 35% persen dari populasi indonesia. Berdasarkan jumlah tersebut, pengguna internet di pulau jawa tercatat 59,965,975 juta pengguna atau 38% dari populasi pulau jawa yang mengikuti pertumbuhan internet dunia.  Saluran telepon layanan berbasis internet merupakan salah satu layanan internet pertama di indonesia dengan PT Telkom sebagai pemain utama yang mengendalikan jaringan saluran telepon tetap.

Blogger Makassar bekerja sama dengan IndiHome sebagai layanan internet dari Telkom mengenalkan teknologi fiber optik kepada orang-orang yang tergabung dalam anggota Anging Mammiri, Blogger Makassar. Ngobrol bersama bertajuk Ngobras (Ngobrol Bareng dan Santai) ini diikuti oleh sekira 30 orang bertempat di Warung Upnormal.  Event yang juga bertajuk LiFOStyle ini membahas mengenai gaya hidup masa kini dimana kebutuhan akan data internet sangat tinggi. Salah satu teknologi yang mampu membawa kita ke arah broadband ini adalah dengan teknologi FO atau Fiber Optic

Acara dipandu oleh salah seorang anggota Anging Mammiri yang mengenalkan Lanang Prayogo yang membawakan materi seputar fiber optic. Fiber optik sendiri merupakan sebuah jaringan kabel yang terbuat dari bahan serat kaca. Jika dihubungkan dengan tekonologi jaringan, fiber optik digunakan sebagai media untuk mentransmisi arus data secara terarah.

Pak Lanang sebagai pemateri menjelaskan mengenai pembangunan sistem komunikasi kabel laut SMPCS yang dikerjakan oleh PT Telkom yang mencakup penyebaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM).

Teknologi DWDM menghadirkan jaringan dengan kapasitas bandwidth 32×100 Gigabytes per fiber pair-nya. SMPCS merupakan kelanjutan dari pembangunan serat optik Mataram Kupang Cable System yang sudah dituntaskan pada 2011. Jalur yang digunakan untuk pembangunan serat optik sebagian besar masuk dalam rute Palapa Ring milik pemerintah. Adapun bentuk jaringan broadband di Kawasan Timur Indonesia melingkar seperti sebuah cincin yang melintang dari utara hingga selatan. Proyek yang akan diselesaikan tersebut adalah proyek lingkar utara yang berada di Maluku.

Dalam diskusi santai dengan tema berat ini, hadir pula Bapak Marnoto yang merupakan General Manager Witel Makassar. Ngobrol bareng dan santai ini menjadi semakin menarik karena adanya interaksi langsung dengan blogger makassar yang hadir yang mayoritas merupakan pengguna indihome. Peserta yang hadir diberi kebebasan untuk mengeluhkan pelayanan maupun mengupas habis mengenai penggunaan indihome itu sendiri. Hadir pula Bapak Nur Yusuf selaku Senior Manager Customer Care & Marketing yang ikut menjawab pertanyaan dan keluhan dari para undangan.

IndiHome yang diluncurkan pada bulan Januari 2015 diklaim mampu menyediakan koneksi internet yang lebih stabil karena menggunakan teknologi fiber optic. Fiber optik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kabel lain pada umumnya, seperti berikut ini.

  • FO mampu menyalurkan data lebih banyak dengan kecepatan yang tinggi, bahkan mencapai Gbps, sehingga lebar pita (bandwidth) menjadi lebih besar.
  • Memiliki gangguan yang sedikit, dikarenakan fiber optik tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik dan radio karena tidak menggunakan listrik melainkan menggunakan plastik dan cahaya.
  • Lebih aman, karena serat optik tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik sedikitpun.
  • Fiber optik dapat mengalirkan sinyal lebih jauh jika dibandingkan dengan kabel yang menggunakan sinyal listrik pada umumya. Bahkan fiber optik tidak memerlukan repeater (penguat sinyal), jika diperlukan repeater, biasanya akan diletakkan di jarak yang jauh (sekitar 50-100 km).

Dengan adanya jaringan ini, pada 2019 mendatang diharapkan sekitar 71% wilayah perkotaan terjangkau dengan kecepatan internet 20 Mbps dan 49% wilayah pedesaan dengan kecepatan 10 Mbps sesuai dengan Rencana Pita Lebar Indonesia.  Informasi lebih lanjut mengenai IndiHome dapat kamu cek Di Sini

 


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

2 Comments on "Ngobrol Bareng dan Santai Bersama Telkom Indonesia"

  1. wah, sudah lumayan lama nih komunitas AM nggak update info kegiatan di laman ini. Bagi info dong, biar bisa ikutan juga.
    salam anak Makassar

  2. Komunitas yang keren. Sangat disayangkan di daerahku belum ada komunitas seperti ini. T_T

Leave a comment

Your email address will not be published.


*