Kado Lebaran tuk Yatim di Mall Phinisi Point Makassar

Buka puasa bersama anak yatim adalah agenda bulan Ramadan Komunitas Blogger AngingMammiri. Tanggal yang dipilih sebagai pelaksanaan adalah 25 Mei 2019, tepatnya di hari Sabtu. Anak-anak Panti Asuhan Nur Huda pun diundang dalam acara tersebut, awalnya tempatnya tetap di panti saja buka puasanya. Namun, tempatnya pun dipindahkan ke Mall Phinisi Point. Kegiatan ini bertema Kado Lebaran tuk Yatim. Kegiatan yang dirancang jauh-jauh hari sebelumnya ini bekerja sama dengan Makassar Event, Dompet Dhuafa Sulsel, dan Browcyl.

Buka puasa bersama ini juga dirangkaikan dengan Talkshow “Cerdas Berinternet”. Talkshow ini dipandu oleh Kak Asti, salah seorang perwakilan dari Makassar Event. Nah, pembicaranya ada Ada Kak Ery, Kak Unga, dan Kak Iyan yang hadir berbagi tentang penggunaan internet. Tentunya menarik menghadirkan tiga pembicara tersebut. Mereka membagikan pengalaman berinternet selama ini dan juga berbagi tips.

Kak Ery mengatakan bahwa internet itu harus membuat orang yang menggunakannya juga cerdas bukan hanya telepon genggamnya saja yang pintar. Kak Iyan juga menambahkan bahwa berinternet haruslah sehat, internet sehat itu seharusnya sehat untuk dua pihak, yaitu sehat untuk diri sendiri dan sehat untuk orang lain. Internet yang sehat untuk diri sendiri, misalnya bisa menambah pengetahuan. Internet yang sehat untuk orang lain itu bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat dan sekaligus menambah jumlah pengikut di media sosial.

Kalau Kak Unga sendiri menekankan pada porsi dalam berinternet. Jangan sampai karena berinternet sampai lupa pada hal-hal pokok, seperti makan. Berinternet harusnya bukan lagi mengakses yang dampaknya kurang baik bagi diri sendiri. Berinternet juga harusnya bukan lagi melakukan hal yang tidak berfaedah, seperti mengunggah tiktok.

Setelah talkshow tersebut dilanjutkanlah pada acara pemberian kado lebaran untuk anak-anak yatim tersebut. Kado lebaran tersebut berisi mukenah untuk perempuan dan baju koko untuk laki-laki. Sebelumnya, mereka sudah ditanyai tentang ukuran pakaian yang biasa mereka kenakan. Setelah pembagian kado tersebut, ada juga permainan yang telah disiapkan. Permainan tersebut dimainkan dan dipandu oleh Master Of Ceremony (MC), Kak Dani, perwakilan dari Dompet Dhuafa Sulsel.

Waktu berbuka puasa pun tiba, adik-adik dari Panti Asuhan Nur Huda menyantap buka puasa dengan segelas air mineral dan brownis dari Browcyl. Setelah berbuka puasa, ditunaikanlah salat Maghrib di musala mal tersebut. Seusai salat, makanan berat pun dibagikan kepada mereka berupa nasi dan lauk pauk kepada anak-anak tersebut. Usai makan, sesi yang tak boleh terlewatkan adalah foto bersama sebelum mereka pulang. Sekira pukul 20.00 WITA mereka sudah meninggalkan mal dan pulang.

Reportase kegiatan dari Irma (Pengurus Komunitas AngingMammiri)


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Kado Lebaran tuk Yatim di Mall Phinisi Point Makassar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*