"/>

Seminar Kewirausahaan- AM Goes to School SMK Mutiara Ilmu

Sabtu, 21 September 2019, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mutiara Ilmu mengadakan Seminar Kewirausahaan di sekolahnya. Sekolah ini terletak di Jalan Goaria, Pa’bongkayya Laikang Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar.

Kak Winarni memulai presentasinya tentang Motivasi Berwirausaha

Mereka mengundang pihak Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri untuk berbagi pengalaman dalam hal membangun usaha khususnya di bidang sosial. Acara ini diadakan untuk memberikan motivasi kepada siswa bagaimana menciptakan dan menjadi seorang wirausaha. Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri pun menghadirkan dua pembicara yang sukses menjalankan usahanya hingga saat ini. Salah satu nya adalah Winarni Kamaluddin, seorang pengusaha di bidang fotografi produk dan makanan. Pembicara kedua menghadirkan pemilik dari Macora Kitchen dan Garden yakni Febrianty Utami Dg. Macora.

“Ini supaya anak-anak bisa belajar bagaimana membangun usaha. Semoga nanti bisa jadi motivasi bagi mereka untuk menjadi pebisnis di masa depan,” kata Achmad selaku panitia pelaksana kegiatan.

Peserta Seminar Kewirausahaan

Achmad mengatakan, anak-anak cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Ia juga mengaku, awalnya mereka pesimis dan hanya menargetkan 100 orang namun kenyataannya banyak yang berminat. Acara ini pun diikuti oleh 163 peserta.

“Kami juga tidak sangka bisa sebanyak itu,” tambahnya.

Kak Vby membawakan materi tentang Become a Entrepreneurship

Beberapa hal yang disampaikan kepada para peserta seminar dari kedua pemateri adalah sebagai berikut.

  • Dalam membangun bisnis diperlukan motivasi atau alasan yang kuat, mengapa saya harus berbisnis?
  • Jangan malu jualan. Pada dasarnya semua yang berwirausaha melakukan penjualan baik dengan cara offline maupun online apa pun jualannya.
  • Belajar mengelola keuangan dengan baik. Pisahkan antara uang bisnis dan uang pribadi
  • Memperoleh dukungan keluarga, khususnya restu orang tua ataupun suami/istri bagi yang sudah menikah
  • Berikan value atau nilai lebih dari produk yang dijual. Apa yang unik dari produk kita?
  • Belajar dari kesalahan. Gunakan imajinasi dan kretifitas untuk terus mengembangkan produk
  • Bangun kepercayaan pelanggan. Misalnya Macora Kitchen menjual Balancing Menu dan mengkampanyekan pola hidup sehat. Ownernya senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Sayuran yang digunakan pun juga ditanam sendiri dan dirawat tanpa menggunakan pestisida sehingga menghadirkan kepercayaan pada pelanggannya.
  • Membangun usaha yang bisa berdampak positif pada orang lain ataupun masyarakat. Misalnya dengan membangun usaha kita membantu orang lain menyediakan produk yang mereka butuhkan, mempekerjakan orang lain, dan lain sebagainya.
  • Jangan pernah menyerah. Pernyataan terakhir dari kak Winarni adalah salah bisa diperbaiki, gagal bisa diulangi, jatuh bisa bangun lagi, tapi ketika kita menyerah berarti semuanya berakhir

Menutup acara ini, Achmad menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pembicara dan semua hadirin yang telah antusias mengikuti kegiatan ini.

Ditulis oleh evhykamaluddin


Leave a Reply