Belajar bahasa Inggris
Artikel,  Info Blog

Blogger Indonesia dan Bahasa Inggris

Blogger Indonesia dan bahasa Inggris menurut saya memiliki korelasi. Mengapa saya bilang demikian? Karena pengalaman saya selama ngeblog menunjukkan, ada keuntungan tersendiri ketika kita memahami bahasa Inggris, meski secara pasif.

Saya mau cerita sedikit. Meskipun selama sekolah di SMP dan SMA dulu pernah sangat menyukai belajar bahasa Inggris, kini kemampuan berbahasa Inggris amat pas-pasan akibat terlalu lama tak dipergunakan.

Saat ini, mendengar orang bercakap, mungkin saya bisa paham 50 – 80 persen tapi bersyukurnya, saya masih bisa menggunakan kemampuan itu selama menggeluti dunia menulis dan blogging.

Kalau teman-teman tertarik dengan apa yang saya sampaikan ini, yuk disimak tulisan ini sampai akhir.

Mengapa bahasa Inggris penting bagi bloger Indonesia? Alasannya adalah:

1. Ada tawaran job di blog yang memerlukan keterampilan bahasa Inggris.

Nah ini pernah saya alami beberapa kali. Pertama kali saya menerima email dari seseorang di Eropa yang menawarkan kerja sama. Bayarannya besar dan menggunakan PayPal dalam proses pembayarannya. Kami berkomunikasi via email, termasuk membicarakan fee dalam bahasa Inggris.

Tulisannya dalam bahasa Indonesia saja di blog saya. Kebetulan usaha beliau atau orang yang beliau wakili tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pernah juga saya diminta menuliskan tentang sebuah aplikasi web based yang sudah dibuat versi bahasa Indonesianya oleh seseorang dari luar negeri. Saya lupa waktu itu dari Amerika atau Inggris. Lagi-lagi komunikasi kami dalam bahasa Inggris.

Saya diminta menerjemahkan artikel mengenai aplikasi yang dimaksud yang dia berikan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Tentunya butuh keterampilan karena saya tidak boleh serta-merta menerjemahkan yang tertera. Apa yang tertulis harus saya cerna dan olah dulu dan memilah diksi yang tepat dalam bahasa Indonesia.

Dan, tahukan kalian? Pembayaran dalam kerja sama seperti ini lebih tinggi dari penawaran yang diberikan oleh orang Indonesia! Dari mereka ini saya jadi tahu bahwa di luar sana, bayaran jasa seorang blogger itu lumayan!

Email penawaran.

2. Bisa mempertimbangkan membuat blog berbahasa Inggris.

Saya pernah mengikuti webinar yang dibawakan oleh Mas Afit Husni mengenai adsense. Beliau mengatakan bahwa peluang menghasilkan blog berbahasa Inggris itu lebih besar dibandingkan blog berbahasa Indonesia.

Kalau kalian tertarik, coba belajar pada mereka yang bermain adsense dan memiliki blog berbahasa Inggris ya, jangan tanyakan kepada saya karena saya tidak tahu scara mendetail, hehe.

3 Bisa mengambil pekerjaan menulis lepas lainnya yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris.

Nah, saya pernah berperan menjadi mystery shopper. Kerjanya adalah semcam menjadi detektif swasta, harus survei bagaimana toko-toko di Makassar menjual produk-troduk tertentu. Waktu itu perusahaan yang saya tempati terletak di Eropa dan saya berkomunikasi dengan manajernya menggunakan bahasa Inggris via email.

Bagaimana tugas selesai dikerjakan dipantau oleh sang manajer. Kalau ada yang tak beres, mystery shopper dihubungi via email, kalau perlu langsung ditelepon. Pertama kali berkomunikasi dengan sang manajer, saya langsung ditelepon lho. Saya sampai gelagapan karena sudah lama sekali tidak bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.

Akhirnya percakapan yang ditingkahi suara mengaji dari pengeras suara masjid di dekat rumah berakhir dengan, “Pardon me, Sir. I can’t hear you.” Lalu saya memintanya melanjutkan percakapan via email.

Kemampuan bahasa Inggris seadanya ini kadang-kadang saya gunakan pula untuk mencari bahan tulisan berupa artikel atau video. Lumayanlah. Beruntungnya sekarang ini bisa bertanya pada “Google Translate” jadi meski bukan tahap mahir, saya masih bisa menggunakan bahasa asing dengan pemakai terbanyak di dunia itu.

Nah, dari 3 alasan ini saja, teman-teman bisa melihat ya adanya hubungan antara bloger Indonesia dengan bahasa Inggris. So, jangan menganggap remeh kemampuan kita. Kalau masih bisa ditingkatkan, tingkatkan. Saya saja yang kemampuannya pas-pasan masih bisa memanfaatkannya, apalagi kalian yang punya kemampuan excellent.


Mom blogger, freelance writer Blog: www.mugniar.com Twitter/IG: @Mugniar FB: Mugniar's Note E-mail: mugniarmarakarma@gmail.com

One Comment

  • ocha

    Wah Iya mbak, saya sering baca sharing2nya blogger yang dapet kerjasama dari luar, bayarannya lebih menghargai dibanding yang dari indonesia

    Dan kalau bisa komunikasi pakai bahasa inggris kesempatan juga lebih luas yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *