"/>

Pacca Sedih

Sedih :(
Sedih 🙁

Musibah memang bisa datang kapan saja tanpa kita duga. Di tengah keceriaan 8 minggu ngeblog tiba-tiba berita buruk menghampiri Anging Mammiri. Awalnya website AngingMammiri.org tidak bisa diakses, kami mengira kalau server sedang down seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Tapi ternyata masalah terus berlanjut, kami mulai curiga setelah melihat beberapa website lain yang berada dalam hosting yang sama ternyata lancar jaya dan tidak ada gangguan. Setelah dicek, ternyata masalahnya ada di hosting. Kami belum sadar parahnya seperti apa sebelum kami tahu kalau ternyata hosting AngingMammiri.org sudah di-suspend.

Sebenarnya ini tidak menjadi masalah kalau saja kami bisa mengakses hosting yang selama ini dipakai untuk menyimpan semua data AngingMammiri.org. Masalahnya adalah teman yang dulu membantu membangun website Anging Mammiri sudah tidak bisa dihubungi. Kami memang sudah lama tidak bersua dengan beliau, apalagi setelah menikah. Benar-benar lost contact.

Ini yang kami sebut musibah, meski kesalahan terbesarnya juga ada pada kami. Koordinasi yang kurang baik antar pengurus yang membuat musibah ini akhirnya terjadi. Sudahlah, tak ada gunanya saling menyalahkan. Sekarang adalah bagaimana caranya memperbaiki kembali website Anging Mammiri meski nyaris mulai dari nol karena semua database yang ada sebelumnya tidak terselamatkan lagi. Kami masih beruntung karena arsip Anging Mammiri masih bisa diunduh meski cuma tulisan dan tanpa foto apalagi komentar.

Terima kasih untuk Qwords.com yang bersedia jadi partner Anging Mammiri. Kali ini kami mempercayakan hosting Anging Mammiri pada penyedia hosting dalam negeri yang sudah lama menjadi partner dalam beragam acara Anging Mammiri. Terima kasih juga untuk semua kakak-kakak pengurus Anging Mammiri yang sudah bekerja keras menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan dan membangun kembali website nyaris dari nol.

Untuk teman-teman semua, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini termasuk lamanya menunggu pengumuman pemenang 8 Minggu Ngeblog. Setelah ini mudah-mudahan semuanya lancar dan musibah yang sama tidak terulang lagi.

Terima kasih untuk dukungan semuanya, sedih juga harus kehilangan data base yang adalah jejak kegiatan Anging Mammiri selama hampir 7 tahun. Biarlah ini jadi pengalaman untuk kita semua. Tetap semangat!


Leave a Reply