Gathering,  PiknikBlogger,  SewinduAM

Piknik dan Nge-blog di Bugis Waterpark

Berfoto bersama kak Yunita, wakil Bugis Waterpark
Berfoto bersama kak Yunita, wakil Bugis Waterpark

Jarum jam sudah menunjukkan pukul 09:00, matahari tidak terlalu terik karena tertutup awan kelabu. Beberapa teman-teman panitia SewinduAM sudah sedari tadi menanti di depan gerbang Bugis Waterpark. Hari Minggu 9 November 2014 adalah hari yang ditetapkan untuk menggelar acara #PiknikBlogger yang merupakan bagian dari acara #SewinduAM atau ulang tahun kedelapan AngingMammiri.

Untuk lokasi #PiknikBlogger kita beruntung karena pihak Bugis Waterpark berbaik hati menyediakan 25 tiket gratis (20 buat peserta dan 5 buat panitia) plus 2 gazebo yang bisa dipakai beristirahat, makan siang dan hadiah buat pemenang live tweet dan lomba blog. Para peserta dijaring melalui pertanyaan “Kenapa saya harus terpilih sebagai peserta #PiknikBlogger?” serta tentu saja melihat banner AngingMammiri di blog calon peserta.

Dari puluhan pendaftar panitia memilih 20 peserta yang lolos. Beberapa blog terpaksa tidak diloloskan karena meski alasannya bagus tapi ternyata tidak ada banner AngingMammiri di blognya, padahal ini salah satu persyaratan utama.

Sehari sebelum acara, kak Tika selaku penanggungjawab mengirim SMS ke semua peserta yang lolos. Rencananya hari itu juga akan dikirim email konfirmasi, tapi sayangnya kak Tika hari itu harus keluar kota sehingga tidak jadi mengirim email ke para peserta yang terpilih. SMS saja sudah cukup, pikir kak Tika. Apalagi karena beberapa peserta mengonfirmasi balik kesediaannya untuk ikut.

Sejam lebih dari jadwal yang dikirimkan lewat SMS, baru ada beberapa peserta yang datang. Panitia mulai sibuk menelepon satu per satu peserta yang terdaftar di Google form. Beberapa nomor tidak aktif dan tidak bisa dihubungi, ada juga yang salah sambung dan parahnya lagi ada yang nomornya tidak terdaftar. Entah bagaimana ceritanya, mungkin mereka yang salah input nomor?

Beberapa peserta juga mengaku tidak menerima SMS konfirmasi yang dikirim sehari sebelumnya, mungkin memang ada kesalahan teknis. Ini jadi pelajaran buat panitia agar lain kali tidak hanya mengandalkan SMS saja untuk mengonfirmasi kehadiran peserta. Peserta harus dihubungi juga via email dan akun jejaring sosial. Maafkan kami kak, ini jadi pelajaran penting buat kami.

Menanti peserta #PiknikBlogger

Tapi di antara semuanya ada satu calon peserta yang cukup menjengkelkan. Sehari sebelumnya dia sudah mengonfirmasi kehadiran tapi ketika di hari-H dia dihubungi kembali, jawabannya: saya ndak tahu lokasinya, jadi mungkin saya ndak bisa hadir. Duh! Kenapa kemarin tidak tanya ke panitia lokasi acaranya? Kesannya jadi menganggap remeh sekali. Kan kasihan peserta lain yang terpaksa kita tolak karena kuota sudah penuh.

Rupanya memang masih banyak orang yang susah menghargai kerja keras orang lain ya? Bayangkan, sudah ditawari piknik gratis lengkap dengan makan siang, tetap saja menganggap enteng dan tidak mau berusaha.

Tapi lupakan satu orang yang menjengkelkan itu, karena toh masih banyak teman-teman lain yang membuat panitia salut. Meski mereka baru mendapat kabar tepat di hari-H, mereka tetap menyempatkan diri untuk datang ke Bugis Waterpark dan hadir dalam acara #PiknikBlogger. Ini contoh orang-orang yang penuh penghargaan atas usaha orang lain. Salut deh pokoknya!

***

Lanjut yaa, sambil menunggu peserta yang lain yang sedang menuju lokasi, para peserta yang sudah ada di lokasi diajak masuk ke Bugis Waterpark. Sebagian peserta mengaku ini kali pertama mereka masuk ke wahana permainan air pertama dan terbesar di Indonesia Timur itu. Lambung kapal phinisi menyambut peserta, ada beberapa foto Makassar jaman dulu yang terpasang di dinding kapal. Ini adalah salah satu cara untuk menyempurnakan tema Bugis yang diusung oleh Bugis Waterpark.

Wahana ini awalnya bernama Bugs ketika masih dalam konsep perdana. Di tengah jalan muncul ide untuk mengubahnya menjadi Bugis Waterpark sekaligus mengangkat identitas lokal Sulawesi Selatan. Seluruh papan petunjuk dan nama wahana diberi nama dalam bahasa Inggris dan bugis, sesuatu yang cukup unik dan menarik perhatian.

Total ada 15 wahana di sini dan dua lagi sedang dalam masa persiapan. Wahana-wahana ini mulai dari yang diperuntukkan buat anak-anak, keluarga, orang dewasa sampai wahana yang memicu adrenalin. Datang ke Bugis Waterpark berarti harus siap bersantai dan seru-seruan. Ini juga yang dilakukan oleh peserta #PiknikBlogger.

Setelah mendapat penjelasan singkat dari kak Yunita yang juga finalis Indonesian Idol 2014 ini, peserta langsung mengganti pakaian dan mulai menikmati satu persatu wahana yang ada. Ada yang langsung memicu adrenalin mereka di wahana luncuran, ada yang bersantai di kolam dewasa dan ada juga yang menikmati lazy river.

Mendengarkan penjelasan singkat dari kak Yunita

Selama kurang lebih dua jam para peserta memuaskan diri menikmati semua wahana Bugis Waterpark. Setelah itu mereka semua beristirahat dan menikmati makan siang yang sudah disediakan. Selepas makan siang saatnya ngeblog! Ya, karena judulnya #PiknikBlogger maka selain piknik peserta juga langsung ngeblog di lokasi memanfaatkan gadget atau laptop mereka sendiri.

Seru-seruan di Lazy River
Ihh…atutt!! 🙁
Pada serius ngeblog! \o/

Beberapa teman yang sudah selesai ngeblog tampaknya belum puas menikmati wahana Bugis Waterpark. Wahana peraih Cipta Award 2013 untuk kategori wisata alam buatan dan Sapta Pesona 2014 untuk kategori toilet terbersih ini memang sangat menggoda. Tidak heran memang kalau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganugerahkan dua gelar itu dalam dua tahun berturut-turut.

Pukul 4 sore langit makin mendung. Angin sepoi-sepoi begitu membuai ditambah dengan instrumen lagu daerah Bugis-Makassar. Teman-teman peserta #PiknikBlogger yang sudah berganti pakaian kering tampak mulai terserang kantuk. Sebelum benar-benar mengantuk, akhirnya diputuskan untuk mengakhiri kegiatan hari itu.

Menyenangkan sekali bisa bertemu teman-teman blogger baru dan menikmati pengalaman baru, piknik sambil ngeblog. Semoga saja di lain hari kita bisa melakukan lagi hal yang sama, piknik dan ngeblog! Terima kasih untuk Bugis Waterpark yang sudah menerima teman-teman dari AngingMammiri, semoga tetap menjadi wahana permainan air terbaik di kota Makassar dan bahkan di Indonesia Timur.

Sampai jumpa di acara selanjutnya!


Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *