Membuat dan Mendesain Blog di Klinik Blog AM

Klinik Blog

Sabtu, 13 April bertempat di Pandora Café and Board Game telah dilaksanakan klinik blog dengan tema “Membuat dan Mendesain Blog. Kegiatan tersebut dijadwalkan pukul 15.00 WITA. Namun, baru mulai sekira pukul 16.00 WITA karena menunggu beberapa peserta dan pengurus.

Kali ini AngingMammiri (AM) mengundang Zilqiah Anggraini atau akrab disapa Kak Qiah untuk peserta yang menggunakan blogspot dan Mansyur Rahim atau Kak Anchu untuk wordpress. Namun, Kak Anchu berhalangan hadir jadilah Suryani Palamui atau Kak Yani yang menggantikannya.

Peserta klinik blog yang mengisi form pendaftaran ada 27 orang. Namun, tak semuanya hadir. Hanya ada ± 15 peserta. Kegiatan itu pun dimulai dan diawali dengan perkenalan. Namun, perkenalan itu tidak biasa karena peserta harus menyebutkan nama, kesibukan saat ini, nama blog, dan ingin dikenal sebagai apa sebelum meninggal.

Ya, pertanyaan terakhirnya yang agak seram karena bawa-bawa kata meninggal. Namun, hal itu tak seram lagi ketika mendengar jawaban-jawaban dari peserta maupun dari para bloger AM yang menyempatkan hadir, seperti Kak Nunu, Kak Nanie, Kak Ama, Kak Andita, dan Kak Lia. Sebelum kegiatan berakhir Daeng Adda dan Daeng Ipul juga menyempatkan hadir. Tentunya mereka harus perkenalan dong.

Kesimpulannya adalah semua yang hadir ingin dikenang sebagai orang yang baik sebelum meninggal. Saya sendiri ingin dikenal sebagai orang yang memperbaiki kesalahan berbahasa orang lain agar ilmu saya teraplikaskan dan bermanfaat bagi orang lain.

Setelah perkenalan, peserta pun dibagi menjadi dua tim, tim blogspot dan tim wordpress. Ternyata, hanya satu orang yang menggunakan wordpress, wordpress yang digunakan pun masih yang gratis dan belum memiliki domain dan hosting sendiri. Mulailah mereka membuka blog masing-masing dan menanyakan berbagai hal.

Para bloger AM pun menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta, bukan hanya pemateri. Seperti Elsa, salah satu peserta, yang merupakan alumnus Pendidikan Matematika UNM. Ia membuat beberapa page di blognya, padahal yang dia inginkan adalah kategori. Masalah itupun terselesaikan berkat penjelasan dari Kak Ama dengan memperlihatkan contoh yang ada di blognya, yaitu ama.web.id.

Kelas pun selesai sesaat sebelum pukul 18.00 WITA. Para peserta pun diminta untuk memberikan kesan dan saran untuk kegiatan AM selanjutnya. Semua tanggapan yang disampaikan lewat aplikasi Mentimeter bersifat positif dan memberikan semangat bagi para pengurus untuk mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat selanjutnya.

Reportase kegiatan dari Irma (Pengurus Komunitas AngingMammiri)


About the Author

Paccarita
Paccarita adalah ikon dari komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri Paccarita adalah anak kecil yang ceria dan senang berbagi banyak hal.

Be the first to comment on "Membuat dan Mendesain Blog di Klinik Blog AM"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*