"/>
Tudang Sipulung Mari Bicara Pemilu

Tudang Sipulung AngingMammiri; Bicara Pemilu

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, negara kita, Indonesia, akan mengadakan pemilu serentak yang akan menentukan pemimpin bangsa sekaligus anggota legislatif lainnya, yaitu Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota.

Maka dari itu, Komunitas Blogger Makassar berinisiatif untuk mengadakan program unggulannya, yaitu Tudang Sipulung. Program ini diadakan pada tangal 30 Maret 2019 di Kedai Pojok, Jalan Adhyaksa. Tudang Sipulung adalah salah satu program yang rencananya akan diadakan tiap bulan oleh Komunitas Blogger Makassar.

Di bulan Maret ini, isu yang dibahas tentang Pemilu. Narasumber yang diundang pada acara sore itu adalah Ibu Endang Sari, S.IP., M.Si salah seorang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilu dan Partisipasi Masyarakat. Peserta yang hadir sekitar 30 orang. Peserta ini terbagi dari masyarakat umum dan anggota Komunitas Blogger Makassar itu sendiri.

Acara berlangsung pukul 16.00 WITA. Sebelum acara dimulai, tim dari Ibu Endang Sari terlebih dahulu membagikan brosur yang berisi tentang segala hal yang perlu diketahui oleh masyarakat terkait pemilu. Dalam kesempatan itu, Ibu Endang memberikan edukasi tentang beberapa kategori pemilih yang ada dan sudah diatur oleh Undang-Undang seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diperuntukkan oleh pemilih berdasarkan domisili tertentu, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang diperuntukkan kepada pemilih yang ingin pindah memilih di bukan tempat domisilinya, dan DPK (Daftar Pemilih Khusus) yang diperuntukkan kepada pemilih yang tidak terdata dalam DPT, tetapi punya hak pilih.

Selain itu, Ibu Endang juga menjelaskan keadaan minat memilih dan partisipasi masyarakat di Kota Makassar sekarang ini. Menurutnya, beberapa pemilih terutama di beberapa daerah tertentu di Makassar masih banyak terpengaruh oleh sistem Money Politic. Mereka tidak terlalu peduli dengan visi dan misi para kandidat yang ingin dipilih, tetapi peduli pada barang atau materi apa yang bisa diberikan kepada mereka.

Dalam acara tersebut, juga dibuka sesi tanya jawab antarpeserta dan pemateri. Beberapa peserta sore itu cukup aktif menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan keadaan politik di Kota Makassar dan hak-hak mereka sebagai pemilih.

Setelah sesi tanya jawab, para pengurus Komunitas Blogger Makassar melakukan foto bersama dengan narasumber lalu pemberian merchandise AngingMammiri sebagai bentuk terima kasih kepada narasumber. Kegiatan tersebut usai pukul 17.40 WITA.

Reportase kegiatan dari Rey (Pengurus Komunitas AngingMammiri)


One Response

  1. Himala April 19, 2019

Leave a Reply